Untuk calon pembeli mobil di segmen MPV silahkan baca ulasan singkat ini sebelum menentukan akan mengambil mobil type MPV dari merk mana. Pilihan untuk kelas MPV sekarang sangatlah beragam dan kita sebgai customer akan sangat dimanjakan dengan persaingan yang terjadi di kelas ini. Untuk era digital seperti sekarang ini harusnya kita sebagai customer wajib mencari info sebanyak banyaknya mengenai  mobil yang akan kita minati. Jangan sampai kita hanya terjebak pada fanatisme pada satu merk yang membuat kita menjadi tidak terbuka pemikirannya untuk membandingkan head to head dari satu merk dengan merk lain.

Berikut ini saya sampaikan beberpa MPV dari beberapa merk mobil yang dijual di Indonesia. Mitsubishi dengan line up fenomenal nya yaitu Xpander. Pasar sangat merespon bagus kemunculan Xpander dengan fenomena dilapangan, unit ini di indent berbulan bulan oleh calon customernya. Model yang benar benar baru dan ukuran mobil yang relative besar dan berotot membuat banya orang menyebutnya Baby Pajero. Iya benar saja Mitsubishi dan Pajero seperti sebuah brand yang menjadi katrol untuk Xpander terus melejit keatas.

Mobilio dibawah bendera Honda yang rajin melakukan Facelift atau peremajaan tampilan agar terus bisa bersaing di pasar MPV. Fenomenal di awal kemunculannya, sempat menghajar babak belur Grand LIvina dan mengerus sangat dalam kue besar milik Avanza. Dibeberapa tahun kebelakang agak sedikit aneh Honda justru memiliki backbone bukan dari segmen MPV melainkan Brio lah yang kini menjadi backbone Honda. Menjadi tanda Tanya besar sebenarnya mengapa dinegara yang mayoritas peminat mobil keluarga justru Honda akhir akhir ini sedikit keluar dari jalur persaingan segmen MPV. Meskipun di segmen city carnya Brio tidak mempunyai lawan yang sepadan. Tapi jika berandai andai saja Honda bisa memiliki raksasa di dua segmen ini betapa semakin tertanjap tajam nama Honda di hati orang Indonesia.

Apa sih yang berubah dari Toyota Avanza dari awal kemunculan sampai sekarang?  Untuk sekarang ini jawabpan pribadi saya, yang berubah dari Toyota Avanza adalah mungsuh mungsuhnya. Iya benar, silih berganti competitor Toyota  menciptakan mungsuh bagi Avanza tapi perlawanan tak pernah berlangsung begitu panjang. Entahlah mobil yang menurut pribadi saya begitu begitu saja tapi penjualnnya begitu mengagumkan. Sampai sudah terbentuk sebuah idiom “Mobil keluarga = Avanza”. Tapi perlu digaris bawahi adalah, dibalik pucuk klasemen yang selalu dipegang Avanza dan hanya bisa digeser satelah lahirnya Mitsubishi Xpander sejatinya kue Avanza sudah melai tergerus dan tak semanis dahulu. Mereka tetap menjadi raja tapi dengan kewaspadaan tingkat tinggi, karena mungsuh mungsuhnya kini hadir dengan berbagai teknologi yang siap menubur Toyota Avanza jika tidak segera berbenah.